Teknik Sepak Bola Untuk Mengasah Skillmu!

Dalam menjadi pemain sepak bola yang handal, diperlukan latihan teknik yang sangat beragam. Bukan rahasia jika seorang pemain sepak bola professional sudah mulai melatih teknik dan pengetahuan sepak bolanya sejak kecil melalui berbagai latihan. Artikel ini akan membahas beragam teknik penting dalam sepak bola yang bisa kamu lakukan untuk mengasah skill sepak bolamu.

Dribbling Drills

teknik sepak bola
Sumber: US Sports Camps

Memulai pemanasan dribble sebelum latihan adalah hal yang sangat baik untuk kamu melatih mengontrol bola. Mulai lah latihan dribble bola dengan menggiring bola melewati cones yang disusun segaris. Teknik dribble perlu dilakukan berulang kali setiap hari untuk melatih kamu memiliki kontrol terhadap bola menjadi lebih baik. Ambillah langkah kecil dan menggiring bola dengan tetap membuat jarak bola selalu dekat dengan kaki.

Shooting Drills

Combination Shooting Drills
Sumber: SoccerXpert

Tujuan utama dalam permainan sepak bola adalah mencetak gol untuk mencapai kemenangan, oleh karena itu latihan shooting perlu kamu lakukan untuk menemukan insting dalam mencetak gol yang lebih tajam dan lebih baik. Pelajarilah bagaimana melakukan shooting sambil berlari, mengarahkan shooting sesuai titik yang kamu tuju, dan melakukan shooting plessing atau membuat bola menjadi melengkung. Melakukan latihan ini setiap hari akan membuatmu menjadi lebih terbiasa terhadap kontrol bola shooting di dalam pertandingan. Gunakan papan atau orang lain di depan gawang agar kamu menjadi lebih terbiasa dan lebih paham mempelajari setiap kemungkinan yang ada di depan gawang saat pertandingan yang kamu mainkan.

Crossing Drills

Football/Soccer: Crossing and Finishing Session (Technical: Crossing &  Finishing, Moderate)
Sumber: Sport Session Planner

Dalam permainan dengan pressure yang tinggi, melakukan crossing yang bagus akan sangat berguna dalam memecah kebuntuan tim. Crossing akan sangat berguna untuk temanmu yang berada di depan agar dapat mencetak gol, karena bola crossing merupakan salah satu hal yang sulit untuk dihalau oleh tim lawan. Lihatlah lari dari teman timmu dan perkirakan kemana bola akan kamu crossing agar dapat disambut oleh temanmu di depan. Lakukan latihan sprints dari satu sisi ke sisi yang lain dan pelajari cara crossing sambil berlari, dengan melakukan ini terus menerus kamu akan terbiasa dan lebih paham dalam mengarahkan bola crossing yang tepat.

Turning Drills

1 v 1 Receiving and Turning Drill — Amplified Soccer Training
Sumber: Amplified Soccer

Ini adalah teknik sepak bola untuk berputar dimana kamu mengarahkan bola ke kiri, kanan, atau ke belakang sambil memutar badan untuk mengecoh lawan. Ada banyak cara dalam melakukan turning, dan semuanya memiliki keunggulannya masing-masing. Pelajari teknik turning yang sesuai dengan dirimu dan kondisi di pertandingan yang kamu mainkan, seringlah memperhatikan pemain professional dalam melakukan teknik ini dan coba lah untuk menirunya. Teknik akan sangat membantu jika kamu berhadapan dengan lawan yang sulit dan ingin mengecoh dirinya untuk mengontrol bola lebih lama.

Heading Drills

teknik sepak bola
Sumber: Soccer Coach Weekly

Dalam sepak bola, terkadang kamu tidak selalu harus menggunakan kaki namun juga diperlukan kepala untuk melakukan heading. Hal ini membuat heading menjadi sangat penting dalam sepak bola, terutama untuk menerima umpan-umpan panjang atau pun crossing yang diberikan oleh rekan tim mu. Latihan heading dapat dilakukan bersama teman, minta lah teman untuk melempar bola ke kepala agar kamu terbiasa dalam melakukan heading.

Passing Drills

teknik sepak bola
Sumber: Amplified Soccer

Passing adalah salah satu teknik terpenting di dalam sepak bola, passing dapat menjadi sebuah seni yang indah dalam sepak bola seperti jika timmu menggunakan strategi tiki-taka. Latihan passing beragam, namun yang paling sering digunakan adalah latihan passing bersama rekan dengan membuat sebuah lingkaran kemudian jadikan satu orang untuk menjadi orang yang akan berusaha merebut bola. Latihan seperti ini akan melatihmu untuk membuat keputusan yang lebih tepat untuk melakukan operan yang sesuai dan memberikan ruang yang baik bagi rekan setimmu.

Latihan teknik diatas juga dapat dilakukan saat tim kamu sedang melakukan pemanasan sebelum bertanding, sehingga kamu akan lebih siap saat mengontrol bola di dalam pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *