Pelatih Terbaik Dalam Sepak Bola Di Seluruh Dunia!

The 22 Best Football Managers of All Time
Sumber: Business – Insider

Dalam sepak bola, peran seorang pelatih merupakan posisi yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan dan menjaga performa tim. Pelatih dituntut untuk mengatur komposisi pemain, taktik, dan strategi yang akan digunakan saat bertanding. Berikut adalah beberapa nama pelatih terbaik di dalam sepak bola saat ini!

Mircea Lucescu

Mircea Lucescu adalah pelatih terbaik yang melatih tim Shakhtar Donetsk dari tahun 2004 sampai 2016, selama melatih Shakhtar sendiri dirinya  berhasil memenangkan sembilan  kali kejuaraan Liga Ukraina dan memenangkan UEFA Cup di tahun 2009. Dalam asuhannya, Lucescu berhasil menjadikan Shakhtar sebagai salah satu tim yang patut diwaspadai di Eropa.

Marcelo Lippi

Pelatih berketurunan Italia ini merupakan salah satu pelatih legenda bagi tim Juventus, dia lah yang bertanggung jawab dalam membuat dominasi Juventus di Liga Italia pada akhir tahun 1990an. Kepelatihannya berfokus pada meningkatkan tim secara keseluruhan dibandingkan meningkatkan skill individual pemain. Dia telah memenangkan lima Liga Italia dan satu piala Liga Champions di tahun 1996. Puncak karirnya yang membuat dirinya masuk menjadi pelatih terbaik adalah saat dirinya memenangkan piala dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Antonio Conte

Conte adalah mantan pemain sepak bola yang pernah bermain untuk Juventus dan menjadi kapten di tim tersebut. Dalam karir kepelatihannya sendiri, Conte mulai dengan melatih klub kasta ketiga dan kasta kedua Liga Italia. Hingga pada 2011, Juventus menunjuk dirinya untuk menjadi pelatih mereka. Pada tahun pertamanya, Conte berhasil memenangkan Serie A tanpa kalah sekalipun. Selama tiga tahun melatih Juventus, Conte berhasil memenangkan 3 Serie A. Dirinya kemudian melatih Timnas Italia dan berhasil mengalahkan juara bertahan, Spanyol. Setelah itu Conte melatih Chelsea dan memenangkan titel Liga Primer Inggris di tahun pertamanya. Saat ini Conte sedang melatih Inter Milan.

Diego Simeone

Pelatih yang saat ini menjadi nahkoda tim Atletico Madrid sungguh sangat pantas untuk masuk di dalam daftar pelatih terbaik ini. Sebelum melatih Atletico, dirinya baru saja memenangkan dua titel liga di Argentina. Dalam tahun pertamanya melatih Atletico, Simeone berhasil membuat Atletico yang sedang terpuruk untuk naik ke peringkat lima di Liga Spanyol. Dirinya juga berhasil membuat Atletico memenangkan Europa League di tahun 2012. Simeone juga berhasil membuat Atletico memenangkan Liga Spanyol di tahun 2014 dan mengalahkan dominasi Barcelona dan Real Madrid di Spanyol. Dibawahnya juga Atletico berhasil mencapai final Liga Champions di tahun 2014 dan 2016.

Pep Guardiola

Mantan gelandang bertahan yang bermain untuk Barcelona ini, menjadi pelatih di usia yang sangat muda dan dipercaya untuk menahkodai Barcelona di tahun 2008 hingga menjadikannya masuk ke daftar pelatih terbaik ini. Dibawah asuhannya, Barcelona berhasil memenangkan treble dengan taktik tiki-takanya. Dalam 4 musimnya, Pep berhasil memenangkan 14 trofi. Pada tahun 2013, akhirnya Pep Guardiola melatih klub Bayern Munich. Bersama Pep, Bayern berhasil memenangkan double trophy (Liga dan Cup Jerman) di tahun 2014 dan 2016. Saat ini sendiri Pep Guardiola melatih Manchester City dan berhasil membuat Manchester City menguasai Liga Inggris.

Jose Mourinho

Rasanya akan aneh ketika kita tidak memasukkan Jose Mourinho ke dalam daftar pelatih terbaik ini. Terlepas dari kontroversialnya, Jose Mourinho berhasil memenangkan delapan titel Liga dan empat Copa domestik saat melatih Porto, Chelsea, Inter, dan Real Madrid. Dia juga memenangkan UEFA Cup pada tahun 2003 dan Liga Champions di tahun 2004 bersama Porto, dan Liga Champions tahun 2010 bersama Inter Milan.

Carlo Ancelotti

Ketika Ancelotti memenangkan Liga Champions di tahun 2014 bersama Real Madrid, dirinya menjadi satu-satunya pelatih yang masih aktif yang berhasil memenangkan tiga piala Liga Champions. Carlo Ancelotti sudah melatih banyak klub-klub besar Eropa. Dalam karirnya sendiri, Ancelotti sudah berhasil memenangkan 20 trofi yang membuatnya sebagai salah satu pelatih dengan bergelimang trofi atas namanya. Hal ini membuat dirinya pantas masuk sebagai pelatih terbaik di daftar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *